Campus

Campus

Kamis, 29 April 2010

Senam Yama Indonesia


RIWAYAT SENAM YAMA

Senam Yama Indonesia merupakan tren baru dalam dunia olahraga maupun kesehatan,namun metode pengobatan berbasis budaya pencak silat ini sudah dikembangkan sejak tahun 1995 dari satu daerah ke daerah yang lain oleh seorang Sastra Yama Dewa,penemu gerakan sekaligus Guru Besar Senam Yama Indonesia.

Dalam perjalanannya, Senam Yama Indonesia mengalami berbagai bentuk perubahan secara fisik gerakan ataupun lembaga yang menaungi,akan tetapi tidak merubah essensial pengobatannya.

Senam Yama Indonesia adalah salah satu solusi sehat mencegah dan mengobati diri dari berbagai macam penyakit,pada tahun 2000 bernama Senam Silat Kesehatan dan Pengobatan yang dipopulerkan oleh Padepokan Pencak Silat Garuda Pancasila yang berpusat di Jl.Setiabudi,Bandung. Anggota yang bergabung pada saat itu lebih dari 200 orang dari dalam maupun luar daerah.Kebanyakan dari mereka datang untuk berobat yang kemudian mendaftarkan diri menjadi anggota.

Selain budaya pencak silat,ditempat ini dikembangkan ramuan herbal dan produk pertamanya adalah minyak gosok dan minuman untuk aneka penyakit.

Dua tahun kemudian Padepokan Garuda Pancasila berpindah tempat ke Jl.Raya Lembang,Bandung dan pada tahun 2003 menerbitkan buku berjudul : Terapi Pencak Silat untuk menaklukkan aneka penyakit.

Disini anggota bertambah lebih dari 100 orang,sebagian besar adalah remaja dan anak-anak.

Pada awalnya program kegiatan yang dijalankan adalah Pembinaan generasi bangsa sebagai pewaris nilai-nilai budaya Indonesia melalui Pencak Silat Kesehatan dan Pengobatan,seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat,kwantitas anggota dan pengurus yang sebagian besar memiliki latar belakang sebagai pengguna NAPZA,program dititik beratkan kepada Rehabilitas Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba dengan Pola hidup sehat melalui Silat Kesehatan dan Pengobatan.

Dalam pelaksanaannya Padepokan Pencak Silat Garuda Pancasila bekerjasama dengan pemerintah dan instansi terkait :

1. Bina Mitra Polwiltabes kota Bandung dalam pembinaan kepemudaan kota Bandung.
2. Badan Narkotika Kota dan Badan Narkotika Provinsi Bandung sebagai volunteer dan rehabilitas dalam program Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba.
3. Dinas Sosial Jawa Barat dalam program Pembinaan Anak Nakal dan Korban Narkoba.
4. Direktorat Jendral Narkoba POLDA Jawa Barat dalam program Penanggulangan Narkoba.

Tanggal 30 Maret 2006 Sastra Yama Dewa mendeklarasikan Peradaban dengan digabungkannya Padepokan Garuda Pancasila,Daya Manunggal dan Satria Muda Indonesia cabang Cianjur dibawah bendera Satria Manunggal Garuda Pancasila.Dengan demikian sosialisasi silat Kesehatan dan pengobatan Garuda Pancasila semakin meluas ke berbagai komponen masyarakat.

Sebulan setelah itu tepatnya tanggal 11 Juni 2006 Satria Manunggal Garuda Pancasila membuka cabang pelatihan di Bali dengan nama Padepokan Garuda Wisnu.

Dibawah bendera ini Silat Kesehatan dan Pengobatan memiliki lebih dari 100 anggota yang berasal dari Bali,20 orang diantaranya adalah pengurus resmi.Selain orang local ada pula beberapa anggota tidak tetap yang berasal dari luar negeri.

17 Oktober 2006 Satria Manunggal Garuda Pancasila membuka cabang di Padangsidimpuan Sumatera utara dengan bendera Padepokan Rajawali.Deklarasi peradaban dibacakan di Stadion Naposo,Padang sidimpuan bertepatan dengan Hari Jadi Kota Padangsidimpuan.

Anggota yang bergabung dengan Padepokan Rajawali sebagian besar adalah anak muda dan pelajar, selain itu Walikota dan Ketua MUI kota Padang Sidimpuan terlibat langsung dalam kepengurusan dan telah merasakan manfaat dari Silat Kesehatan dan Pengobatan dengan kesembuhan penyakit asam urat dan gula yang dideritanya.

1 Januari 2008 Padepokan Pencak Silat Garuda Pancasila secara resmi menjadi Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila sebagai wadah baru yang bernilai Nasionalis dan Religius dgn No.Notaris :22, tgl 29 Maret 2008, atas nama notaris : Dindin saepudin S.H..Pergantian ini dimaksudkan untuk mempersatukan kembali seluruh rangkaian perjalanan Padepokan Garuda Pancasila dari awal sampai akhir 2007.

Dibawah bendera Muyuk Liga Garuda Pancasila,silat Kesehatan dan Pengobatan merubah kemasan silat menjadi senam sehingga dirubah menjadi Senam Yama Indonesia.

Nama Senam Yama Indonesia diambil dari nama tengah penemu gerakannya,Sastra Yama Dewa.
LATAR BELAKANG

* Mekanisme gerak tubuh akan berpengaruh kepada kesehatan
* Kesehatan merupakan kebutuhan pokok
* Pola makan adalah kunci kesehatan

SENAM YAMA INDONESIA

* Salah satu metode Olah Tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbaagai macam penyakit
* Sistematis dan sederhana
* Harmonisasi gerak statis dan dinamis

TAHUN 2005

* Menjalin kerjasama dengan Polwiltabes Bandung dalam Pelatihan Silat Kesehatan dan Pengobatan
* Kerjasama dengan Badan Narkotika Kota Bandung dalam Program Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba
* Kerjasama dengan Badan Narkotika Propinsi Jawa Barat dalam Jaringan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba sebagai salah satu Yayasan Rehabilitasi
* Menerima Penghargaan dari Wakil Gubernur Jawa Barat (Ketua Umum BNP) sebagai Yayasan yang mempunyai kepedulian terhadap korban penyalahgunaan narkoba

TAHUN 2007

* Bergabung dengan Padepokan Muyuk Liga, sehingga merubah nama menjadi Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila
* Pengembangan di Kota Padang Sidimpuan, SUMUT. Sekaligus sosialisasi Silat Kesehatan dan Pengobatan.
* Kerjasama dengan Komite Peduli Olah Raga (PELOR).
* Kerjasama dengan FOMI Jabar, dalam Program pengembangan Olahraga Masyarakat.
* Kerjasama dengan beberapa Lembaga Pendidikan di dalam & luar Kota Bandung

VISI

* Siap Mencerdaskan Generasi Bangsa yang Nasionalis & Religius
* Sanggup Menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah serta menciptakan sejarah baru kearah yang lebih baik
* Mampu menciptakan peradaban manusia yang berbudi menjadikan yang terbaik dan terpuji atas kehendak Tuhan YME

MISI

* Mencetak SDM Paripurna

TUJUAN

Menggali, Mengkaji serta Melestarikan nilai-nilai budaya sebagai ciri bangsa

FILOSOFI SENAM YAMA

“Gerakan yang mengandung arti hidup”

Senam Yama adalah rangkaian gerak yang mempunyai maksud dan tujuan yang pasti yang dapat membentuk sifat & karakter para pelakunya.

Senam Kesehatan dan Pengobatan

* Gerakan Lemah-Lembut
* Mengolah potensi dalam diri manusia
* Tanpa tehnik pernafasan & konsentrasi tingkat tinggi
* Bermain di tataran syaraf, peredaran darah dan sel
* Dapat dilakukan oleh semua umur

MANFAAT YANG DIDAPATKAN

* Sebagai pencegahan sekaligus pengobatan dari serangan berbagai macam penyakit
* Penanggulangan bahaya penyalahgunaan Narkoba
* Membentuk sifat dan karakter yang lembut (tenang)
* dan lain-lain

PROGRAM

* Pelatihan Senam Kesehatan dan Pengobatan
* Pengkaderan Metode Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dengan Senam Kesehatan dan Pengobatan
* UNKA (pembinaan generasi muda dengan penggalian Budaya)

#
Padepokan MLGP
KANTOR PUSAT

Jl. Cibiru No. 1 Cibiru Bandung 40614 Telp. 081320131963 muyukliga2008@gmail.com

Adapun Cabang yang tersebar diantaranya:
PROVINSI BALI Sekretariat Daerah
Jl. Kaswari No. 40 A Banjar Semaga Pematih Denpasar Timur Telp. 081337557779
(I Gede Suandita)
Pakaulan “Salam Peradaban”
Jl. Drupadi Kubu Carik, Pantai Kuta Seminyak, Denpasar Bali, telp. 0817474443
(I Gede Aryadi)
PROVINSI BANTEN Sekretariat Daerah
Komplek Reni Jaya Pamulang Blok Y5 RT 1/12, Desa Pondok Benda Kab. Tangerang Banten. telp. (021) 982 68874 (Kantor), 08156309070
(Erwan RS)
PROVINSI JAWA BARAT Kota Bandung
Jl. Dr. Setiabudhi Km. 9 Cidadap Girang RT 03/06 No. 33 Bandung. telp 085624508731
(Atep Hendarsyah)
Kabupaten Cianjur
SMPN 1 Pacet Cianjur. telp. 085624359552
(Dr. Nana Suarna)
Kabupaten Tasikmalaya
Pasar Baru Gg. Kobra RT 02/16 No. 15 Singaparna, Tasikmalaya. telp. 081702980
(Tatang Suwandhana)
PROVINSI SUMATERA UTARA
Kota Padang Sidimpuan
Jl. Tapian Nauli No. 46 Kota Padang, Sidimpuan Sumatera Utara. telp. 081977443999
(Indra Sakti Harahap)

Senam Yama Indonesia menggunakan metode dan prinsip-prinsip dasar Energy Medicine.Melalui Senam Yama Indonesia kita akan belajar bahwa tubuh terdiri dari pusat-pusat energi dan alur jalan energiyang diolah melalui gerakan-gerakan tetap, gerakan-gerakan dinamika antar permainan, tidak hanya dengan lain-lain energi, tapi juga dengan sel-sel, organ-organ, sistem imunitas dan suasana hati.

Melalui Senam Yama Indonesia kita akan belajar :

1. Mengolah energi melalui latihan-latihan fisik dasar yang rutin untuk membangun dan memperoleh kekuatan energi pengobatan.
Gerakan Dasar Senam Yama Indonesia

Gerakan Dasar Senam Yama Indonesia
Gerakan Dasar Senam Yama Indonesia

Gerakan Dasar Senam Yama Indonesia

2. Mempengaruhi aliran dari energi-energi yang diperoleh melalui tepukan-tepukan, pijatan-pijatan, telusuran titik-titik atau alur-alur jalan energi spesifik, untuk mengatasi penyimpangan, ketidak seimbangan dan ketidak harmonisan medan energi tubuh

Kesehatan, sesuatu yang mendasar dalam hidup manusia. Kegiatan sekecil apapun tidak akan bisa dilakukan bila yang satu ini mengalami gangguan, tapi kebanyakan manusia tidak pernah merasakan pentingnya kesehatan, kecuali dalam keadaan sakit.Setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh, udara yang dihirup bahkan gerak yang dilakukan selalu beresiko menimbulkan kerusakan.

Untuk menjaga kesehatan dalam segala kondisi perlu adanya keteraturan, mulai dari pola makan dan minum, istirahat dan olahraga yang teratur.
Pola Makan

Makanan bergizi adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi, tapi tidak semua makanan yang kita anggap baik sesuai dengan kebutuhan tubuh kita saat ini. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya stimulus dari dalam atau dari luar tubuh yang menyebabkan tubuh kita kekurangan atau kelebihan zat tertentu, dengan menambahkan zat tersebut, maka kelebihannya akan merusak sistem yang lain. Sebaliknya, makanan yang kita anggap kurang baik belum tentu dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh.

Bila kita sedikit terbuka, hal ini terbukti kepada orang yang sakit jiwa, meskipun dia mengkonsumsi makanan dari bak sampah tapi tidak berdampak sedikitpun terhadap kesehatannya, sedangkan kita yang mengkonsumsi makanan dengan selektif, sangat mudah terkena penyakit.

Makanan yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Menu makanan yang seimbang meliputi :

√ Makanan fisik (selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan)

√ Makanan jiwa (selalu berprasangka baik, bahwa makanan bukan penyebab timbulnya penyakit)

√ Makanan rohani (selalu bersyukur, bahwa semua makanan adalah anugerah yang layak dinikmati)

Jika kita selalu mengkonsumsi makanan secara teratur sesuai dengan kebutuhan, maka kesehatan akan terjaga dengan baik.
Istirahat secara teratur

Istirahat bisa diartikan sebagai suatu kondisi, ketika semua atau sebagian kegiatan dihentikan untuk sementara dan akan dilanjutkan kembali.

Di dalam kehidupan yang serba cepat dan padat, apalagi dengan tingkat kesibukan dan kemacetan yang tinggi, istirahat mutlak diperlukan.Apabila efektif dilakukan, istirahat sangat menunjang kesehatan tubuh. Bila tidak, sebanyak apapun waktu yang digunakan untuk beristirahat tidak akan banyak berguna bagi tubuh.

Bilakah organ-organ tubuh manusia beristirahat ?

Bagaikan satu unit mesin komputer, manusia memiliki perangkat yang harus di clean up, defrag dan upgrade . Bila digunakan terus menerus dia akan error atau hang karena kerusakan pada perangkat tersebut akan berakibat kerusakan pada sistem yang lain.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh

√ Selalu menjaga kebersihan badan, pikiran dan perasaan (bersabar)

√ Selalu melakukan kegiatan dengan kesadaran intelektual, emosional dan spiritual (tertib)

√ Selalu mengevaluasi dan introspeksi diri (relaksasi)
Berolahraga secara teratur

zieltoon

Secara kimiawi olahraga berpengaruh terhadap kesehatan, karena dari aktifitas tersebut organ-organ tubuh, pikiran dan perasaan akan bertukar informasi tentang hal yang sama sehingga semuanya bekerjasama dalam satu sistem (sistem tubuh) dan membentuk sistem baru (immunitas dsb). Hal inilah yang menyebabkan orang yang berolahraga secara teratur cenderung lebih bugar dan segar dibandingkan dengan yang tidak.

Terkadang untuk melakukan olahraga secara teratur kita dihadapkan pada masalah :

√ Waktu

Berolahraga secara teratur membutuhkan kapasitas waktu yang relatif banyak. Hal ini merupakan kendala pokok bagi orang-orang dengan kesibukan padat.Untuk itu perlu disusun jadwal untuk melakukan olahraga di waktu luang terbanyak.Misalnya : jika waktu luang terbanyak kita pada malam hari, atur jadwal untuk malam hari.Bila kita sudah menyusun jadwal tinggal kita pilih olahraga apa yang sesuai dengan waktu yang sudah kita tetapkan.

√ Jenis olahraga

Ada baiknya melakukan olahraga yang sesuai dengan selera dan kemampuan, karena bila kita berolahraga dengan terpaksa hasilnya tidak akan maksimal sehingga kurang mendukung kesehatan.
KEBUGARAN, PENGOBATAN DAN PENYEMBUHAN

Toothache

Bugar adalah kondisi fisik diatas sehat, sehingga tubuh lebih optimal dalam bergerak dan beraktifitas. Untuk mencapai kondisi bugar manusia melakukan berbagai jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dari mulai yang sederhana, murah dan tradisional sampai yang relatif mahal, modern dan dinamis.

Kondisi ini tidak akan bertahan selamanya, karena manusia selalu dihadapkan dengan berbagai kenyataan hidup yang menyebabkan kesehatannya terganggu. Ini bisa dimungkinkkan karena beberapa hal :

√ Kondisi kejiwaan, stress dan depressi

√ Kondisi alam sekitar, perubahan cuaca, suhu dll.

√ Radikal bebas, Virus penyakit, wabah, epidemi

√ dll

Tubuh yang bugar akan bisa mempertahankan diri dari serangan penyakit, karena memiliki sistem immunitas yang baik sehingga kesehatannya selalu terjaga. Tapi semakin lama pertahanan tubuh akan semakin lemah. Bila hal ini terjadi, maka satu-satunya jalan adalah pergi ke dokter, tabib dsb.

Ini sama halnya dengan kita memiliki kendaraan, ketika dia rusak hanya bisa bengong menyaksikan montir memperbaikinya. Artinya kita tidak berkuasa terhadap tubuh sendiri.

Pengobatan adalah sebuah metode untuk mencegah dan mengobati tubuh dari serangan penyakit. Semua jenis olahraga berorientasi kepada kesehatan, tapi tidak semuanya menghasilkan pengobatan, karena untuk menghasilkan pengobatan dibutuhkan lebih dari sekedar olahraga.

Bagaimana supaya olahraga bisa menghasilkan pengobatan ?

√ Olahraga yang mengolah sel-sel, jaringan-jaringan dan organ-organ

Sel, jaringan dan organ hanya bisa di sentuh oleh gerak tubuh yang terjadi karena adanya koordinasi organ fisik, pikiran dan perasaan yang baik. Dalam hal ini dibutuhkan konsentrasi dan keikhlasan

√ berhubungan dengan pengolah kekuatan dalam tubuh

Segala bentuk kegiatan fisik baik itu positif ataupun negatif berasal dari satu kekuatan yang tidak terlihat, yaitu energy. Penyakit pun merupakan kekuatan, tapi dia bisa mengganggu stabilitas tubuh. Oleh karena itu untuk dapat mengobati penyakit dalam tubuh kita harus mengolah energy-energy tubuh, sehingga keseimbangan tubuh akan selalu terjaga.Dimanapun dan kapanpun kesehatan tubuh terganggu kita bisa mengobati dengan pengobatan dari dalam tubuh kita sendiri. Sama halnya seperti seorang dokter yang selalu membawa tas berisi perangkat pengobatan yang lengkap dengan obat-obatan kemanapun pergi.

Dari Belakang

Penyembuhan merupakan proses akhir dari sebuah pengobatan. Seseorang dikatakan sembuh jika dia sudah kembali sehat setelah mengalami gangguan kesehatan. Faktor utama kesembuhan adalah diri sendiri dan Yang Maha memiliki kesembuhan. Seorang dokter tidak akan berkuasa terhadap kesembuhan pasiennya.

Bagaimana membantu proses penyembuhan terhadap diri sendiri atau orang lain?

√ Memberikan sugesti dan keyakinan bahwa kita pasti dan sudah sembuh

Dengan keyakinan yang kuat, otak kanan yang berhubungan dengan kebahagiaan, kesembuhan dll akan menjadi aktif. Dia akan memberikan perintah kepada seluruh tubuh untuk self healing.

√ Berperasaan positif

Perasaan positif adalah perasaan yang sesungguhnya keluar dari hati, bukan berdasarkan pikiran. Kecemasan, ketakutan dsb merupakan perasaan yang mengganggu proses penyembuhan. Dengan berperasaan positif otak kiri dan otak kanan menjadi aktif dengan seimbang, sehingga otak ketiga (temporal lube) akan memberikan perintah kepada seluruh tubuh untuk kesembuhan.

Bila proses penyembuhan sudah dilakukan, disadari ataupun tidak kita mulai menginjak tahap awal transcendental.

PADEPOKAN MUYUK LIGA GARUDA PANCASILA

I. Profile
Berawal dari perjalanan seorang putra daerah bernama Sastra Yama Dewa yang berhasil menemukan gerakan-gerakan silat yang telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, dengan penemuannya yang bersangkutan mendirikan perkumpulan yang dinamakan “Padepokan Pencak Silat Garuda Pancasila (PPSGP)” pada tahun 2000 yang diharapkan Silat Kesehatan dan Pengobatan tersebut dapat dikembangkan serta dimanfaat bagi masyarakat luas.
Dalam perjalannya Padepokan Pencak Silat Garuda Pancasila (PPSGP) telah berhasil menjalin kerjasama dengan Pihak-pihak diantaranya:

1. Bina Mitra Polwiltabes kota Bandung dalam pembinaan kepemudaan kota Bandung.
2. BNK (Badan Narkotika Kota) Bandung dalam Program Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan PPSGP dipercaya sebagai Volunter yang sekaligus menjadi salah satu Rehabilitas penanggulangan Narkoba.
3. BNP (Badan Narkotika Provinsi) Jawa Barat dalam Program yang sama dengan BNK, PPSGP sebagai anggota jaringan pelayanan Rehabilitasi penanggulangan Narkoba.
4. Dinas Sosial Jawa Barat menjalin kerjasama dengan PPSGP dalam Program Pembinaan “Anak Nakal dan Korban Narkoba” (ANKN).
5. Direktorat Jenderal Narkoba POLDA JABAR dalam Program Penganggulangan Narkoba.
6. Instansi-instansi Pemerintah dan swasta sebagai instruktur silat kesehatan dan pengobatan.
7. SMP N 1 Cipanas – Cianjur sebagai instruktur silat kesehatan dan pengobatan.
8. PELOR ( Komite Peduli Olahraga ) dalam sosialisasi silat kesehatan dan pengobatan.

Dengan dari hasil kerjasama diatas PPSGP telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah dan Pihak-pihak lain.
Seiring dengan perkembangan sayap, Padepokan Pencak Silat Garuda Pancasila telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan pencak silat di Jawa Barat, diantaranya Daya Manunggal dan Satria Muda Indonesia Cabang Cianjur pada tahun 2006 dan membentuk wadah Padepokan Satria Manunggal Garuda Pancasila di Kab. Cianjur Jawa Barat. Pada tahun 2007 menjalin kerjasama dengan Padepokan Muyuk Liga dari Kota Cimahi Jawa Barat dan merubah nama menjadi Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila dan telah membuka cabang dibeberapa daerah di Indonesia, diantaranya :

1. Kota Denpasar, Propinsi Bali.
2. Kabupaten Tanggerang, Propinsi Banten.
3. Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat.
4. Kota Bandung, Propinsi Jawa Barat.
5. Kota Padangsidimpuan, Propinsi Sumatra Utara.
6. Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.
7. Kota Cimahi, Propinsi Jawa Barat.

Dan beberapa kota lagi di dalam dan luar negeri yang siap untuk menjadi cabang.

II. Latar Belakang
Kesehatan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Ketika kita berada dalam kondisi yang sehat, kita terkadang lupa akan pentingnya kesehatan tersebut, seseorang akan merasa bahwa indahnya sehat itu justru ketika dalam keadaan sakit, namun sebaliknya ketika seseorang sedang dalam kondisi sehat seolah-olah dia berpikir tidak akan pernah sakit, kenyataannya disadari atau tidak manusia selalu berada dalam dua kondisi yang tidak bisa dihindari selama manusia itu hidup. Apabila kita menyadari sepenuhnya mengenai fenomena ini, maka kita akan berpendapat bahwa sesungguhnya sehat itu suatu anugrah yang tidak bisa dinilai dengan ukuran materi.

Kami yang tergabung dalam Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila mempunyai konsep bahwa kesehatan manusia berkaitan dengan banyak aspek kehidupan manusia itu sendiri. Olahraga bela diri yang selama ini sering diartikan pada kekerasan, perkelahian, show up kekuatan dan sebagainya, kami tengah mengembangkan salah satu metode beladiri untuk serangan berbagai macam penyakit, yaitu metode pengolahan gerak pencak Silat Kesehatan dan Pengobatan berbagai macam penyakit.

Pencak Silat sebagai salah satu seni budaya Indonesia memiliki potensi-potensi yang dapat bermanfaat untuk menciptakan kebugaran fisik dan ketajaman berfikir. Silat juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu alternatif pengobatan berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, asam urat, gangguan jantung dan sebagainya. Selain itu, kombinasi gerakan-gerakan tertentu (insya Alloh) dapat menghimpun dan menyalurkan energi (walaupun tanpa menggunakan seni pernafasan atau konsentrasi tertentu) yang dapat dipergunakan untuk mengobati AIDS/HIV, keracunan dan kecanduan Narkoba, SARS (penyakit pernafasan akut) dan sebagainya.

Rasionalisasi Silat Kesehatan dan Pengobatan
Pencak silat kesehatan dan pengobatan yang kami kembangkan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pencak silat pada umumnya, ciri utama silat kesehatan dan pengobatan ini adalah kelembutan dalam setiap gerakannya (tidak membutuhkan tenaga yang kuat), hal ini dimaksudkan agar setiap gerakan yang dilakukan berdampak lebih banyak untuk tataran sistem syaraf manusia bukan pada tataran otot saja. Ciri lain dari silat kesehatan dan pengobatan ini adalah tidak membutuhkan pengolahan nafas khusus ataupun konsentrasi tingkat tinggi meskipun kami meyakini bahwa pengolahan nafas dan konsentrasi secara khusus dapat membangkitkan energi internal yang berguna untuk kesehatan dan pengobatan. Dalam hal ini kami mempunyai konsep bahwa olah gerak lebih aman digabungkan dengan olah rasa yang memunculkan kesadaran kehidupan pada tingkat sel, jaringan syaraf dan organ. Sel manusia yang hidup (sehat), adalah sel yang bergerak (getar). Jaringan dan organ yang memiliki sel-sel yang bergerak akan cenderung berfungsi secara maksimal untuk menghidupkan tubuh secara normal. Olah gerak dan olah rasa ini dimaksudkan untuk memulihkan kinerja sel yang sudah malas bergerak ataupun tidak mau bergerak lagi (tidak aktif). Keberadaan oksigen atau O2 dibutuhkan untuk menghidupi pergerakan sel dan organ dalam, tubuh kita akan secara otomatis mempunyai oksigen sesuai dengan kebutuhan tanpa harus kita atur dengan logika. Sebagai contoh, ketika kita melakukan olah raga berat maka nafas kita akan lebih cepat iramanya, hal ini diakibatkan oleh kebutuhan tubuh kita akan oksigen meningkat. Artinya, keadaan seperti itu tidak kita skenariokan sebelumnya, dan tanpa sadar tubuh kita melakukan hal yang seharusnya dilakukan.

Keyakinan dan kepasrahan kunci pembuka yang harus kita bentuk. Keyakinan yang tumbuh pada diri seseorang merupakan modal utama bagi orang tersebut untuk meraih suatu keinginan, sedangkan kepasrahan adalah suatu wujud kesadaran bahwa manusia sebenarnya tidak memiliki apapun.

III. Visi

* Siap mencerdaskan generasi bangsa yang Nasionalis dan Religius
* Sanggup menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah serta menciptakan sejarah kearah yang lebih baik.
* Mampu mewujudkan peradaban manusia bermartabat, berbudi, menjadikan yang terbaik dan terpuji.

IV. Misi

* Membentuk SDM Paripurna

V. Targetan

1. Budayawan
2. Bangsawan
3. Negarawan
4. Dermawan
5. Sukarelawan
6. Pahlawan
7. Diva
8. Manunggaling
9. Kembali
10. Maut

VI. Tujuan
Untuk membantu mewujudkan tujuan pembangunan nasional, partisipasi Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila bertujuan membina dan mengembangkan kwalitas fisik dan mental sumber daya manusia Indonesia yang mempunyai ketangguhan dalam melaksanakan segala tanggung jawab dan berwawasan jauh ke depan. Keseluruhan entitas tersebut akan terbentuk dalam setiap individu sebagai sumber daya manusia dan pada akhirnya akan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa dan negara. Untuk mencapai tujuan tersebut padepokan melaksanakan program kegiatan pelatihan seni pencak silat kesehatan melalui perguruan-perguruan tradisional, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, swasta dan seluruh masyarakat yang membutuhkannya.

VII. Program Kerja

* Mengadakan pendidikan dan pelatihan Silat Kesehatan dan Pengobatan.
* Mengadakan pendidikan dan pelatihan Program Penanggulangan Narkoba dengan metode Silat Kesehatan dan Pengobatan.
* Mendirikan tempat Pelatihan dan Pembinaan Fisik, Mental dan Spiritual yang dinamakan Pakaulan. Adapun program-program yang akan dijalankan di dalam Pakaulan adalah:

1. Ekspresi
Ekspresi adalah program pembinaan dasar untuk menempuh proses awal pembentukan jiwa pemimpin.
Materi Program

* Energi –>> Sinergi
* Spiritual –>> Motivasi/Edukasi
* Aktual –>> Gerakan
* Fakta –>> Warsawa/Menyeluruh
* Khatulistiwa –>> Mencakrawala/Paripuna

Metode

* Ekspedisi
* Ekspansi
* Eksekusi
* Eksekutif

2. Peradaban
Peradaban adalah pembinaan dan pendidikan untuk menghidupkan jiwa pemimpin.

* Manusia –>> Manusiawi
* Cinta Damai –>> Nyaman
* Perdamaian Seluruh Dunia –>> Sejahtera

Materi

* Keadaan karena Ada.
* Peradaban karena Adab.
* Kemanusiaan karena Manusia.
* Kesosialan karena Mahluk Sosial

* Sosial <|> Maha Sosial
* Manusia/Nabi <|> Tuhan
* Rosul/Utusan <|> Maha Kuasa/Tuhan

Metode

* Ilmiah –>> Ilmu Pengetahuan –>> Kesiapan/Kehidupan
* Alamiah –>> Alam Semesta –>> Kesanggupan/Pengalaman
* Ilahiah –>> Alam Ketuhanan –>> Kemampuan/Kemandirian

TARGETAN PROGRAM
1. Pola

* S2M (siap, sanggup, mampu)

2. Silabus

* Kekayaan

3. Kurikulum

* Kemuliaan

4. Metode

* UNKA (Universitas Kehidupan)

VIII. Peserta
Peserta adalah siapapun yang berminat untuk mengikuti dan mempelajari Program tersebut baik secara individual maupun kelompok.

* Umum
* Instansi
* Pelajar (SD, SMP, SMU, Universitas)

IX. Penutup
Semoga dengan di sampaikannya buku laporan ini dapat menjadi sarana informasi bagi seluruh pihak tentang Padepokan Muyuk Liga Garuda Pancasila. Peran serta dari seluruh lapisan masyarakat dapat membantu mewujudkan program-program tersebut di atas.

CD GERAKAN SENAM YAMA BISA ANDA DAPATKAN DI MA CADANGPINGGAN, SUKAGUMIWANG - INDRAMAYU

6 komentar:

  1. saya pernah mengikuti senam yama bertempat latihan di gd kosgoro menteng, namun saat ini tidak lagi karena setiap saya kunjungi ko sepi-sepi aja apakah sudah pindah tempat dan saya tidak tahu lagi. waktu itu memenag diberi tahu akan pindah tapi saya lupa dan kelihatannya letaknya jauh. apakah di gd kosgoro masih dibuka senam yama terimakasih.
    Tina

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya kurang begitu tahu tentang itu.

      Hapus
  2. Selama saya di Bandung mengikuti PLPG sertifikasi guru saya melakukan senam yama begitu pula teman-teman guru yg lain. entah kenapa semua yang ikut senam rutin Alhamdulilah Sehat terutama saya perhatikan tidak ada yang sakit influensa batuk berarti secara tidak sadar senam terseut sangat beranfaat. dan mohon dikembengkan di SD, SMP seminggu sekali soalnya tidak perlu keringat banyak senam ini. sukses yama

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://undacom.wordpress.com/2010/10/24/senam-yama-indonesia/

      Hapus
    2. http://whatiexpect.in/index.php?option=com_video&Itemid=148&video=6dZkio-c7U0

      Hapus
  3. Saya merasakan sendiri mangpaat senam yama dulu sering sakit tp sekarang saya sangat jarang sakit perasaan hati tenang ga ada beban trima kasih guru

    BalasHapus